News and Blog

Peran Konseling Dalam Mempersiapkan Siswa Pada Dunia Profesi Musisi

153018925_3032040883686419_1633214086062633502_n
Artikel

Peran Konseling Dalam Mempersiapkan Siswa Pada Dunia Profesi Musisi

Masa bersekolah di SMK/SMA merupakan waktu yang terbaik bagi peserta didik untuk mengembangkan jatidiri. Sering kali peserta didik yang belum memiliki kematangan emosi menemui berbagai kendala dalam menjalani proses tersebut, terlebih lagi bila dihadapkan dalam konteks kecakapan Abad ke-21 ini, dimana setiap peserta didik dihadapkan pada situasi kehidupan yang kompleks juga tantangan-tantangan yang unik dan bervariasi, yang berdampak terhadap perkembangan pribadi, sosial, belajar, dan karir mereka. Maka dari itu, peserta didik/konseli memerlukan berbagai kompetensi/kecakapan hidup untuk mengembangkan jati diri secara efektif, produktif dan bermaslahat bagi diri sendiri dan lingkungannya.

Seiring perkembangan zaman, seorang musisi tidak hanya dituntut kematangannya dalam kompetensi dan wawasan “bermusik” saja, namun perlunya kematangan secara psikologis, social, management, etittude serta jiwa entrepreneur (soft skill) merupakan modal dasar bagi seorang musisi untuk terjun dalam dunia profesi music global saat ini.

Dalam menghadapi tantangan ini, SMK Musik Perguruan Cikini berupaya untuk memaksimalkan sistem layanan Pendidikan yang tidak hanya mengandalkan layanan pembelajaran/bidang studi dan manajemen saja, namun juga bersifat Psikopedagogik guna memfasilitasi mereka secara sistematik, terprogram, dan kolaboratif agar setiap peserta didik betul-betul mencapai kompetensi perkembangan atau pola perilaku yang diharapkan.

Selain memaksimalkan layanan Bimbingan dan Konseling pada jam sekolah, upaya lain yang dilakukan SMK Musik Perguruan Cikini dalam hal ini adalah dengan mengadakan program keasramaan berupa Pembinaan Mental dan Karakter (PMK) pada setiap Rabu malam dari pukul 19.00 s/d 20.00 WIB. Program tersebut berbentuk layanan bimbingan klasikal yang mengusung tema hangat dan kekeluargaan (homeroom) sehingga peserta didik tidak hanya mendapatkan informasi satu arah mengenai materi yang disampaikan guru BK saja, melainkan juga dapat melakukan diskusi dan tanya jawab terkait hal-hal yang relevan dengan empat bidang bimbingan konseling yaitu : Pribadi, Sosial, Belajar dan Karir.

Layanan ini bersifat fleksibel, dalam artian kegiatannya tidak hanya terpaku pada materi yang disampaikan saja, melainkan disesuaikan dengan kebutuhan peserta didik saat itu. Selain mengusung tema klasikal yang hangat dan kekeluargaan, layanan ini juga dapat berbentuk konseling kelompok maupun layanan konsultasi. Dengan diadakannya kegiatan rutin tersebut tentu peserta didik SMK Musik Perguruan Cikini mampu lebih mengembangkan jatidirinya secara positif sehingga tercapailah perkembangan secara optimal.

Leave your thought here

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Donation Helps Us

$100
million goal