News and Blog

Profil Pelajar Pancasila

profil-pelajar-pancasila-1
Artikel

Profil Pelajar Pancasila

Mengutip keterangan di laman ditpsd.kemendikbud.go.id bahwa profil pelajar pancasila sesuai visi dan misi Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan sebagaimana tertuang dalam Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Nomor 22 tahun 2020 tentang rencana strategis Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan tahun 2020 – 2024. Pengertian pelajar pancasila adalah perwujudan pelajar indonesia sebagai pelajar sepanjang hayat yang memiliki kompetensi global dan berperilaku sesuai dengan nilai-nilai pancasila.

Ada enam ciri-ciri utama dimensi profil pelajar pancasila, yaitu :

  • Beriman, bertakwa kepada Tuhan Yang Maha Esa, dan berakhlak mulia.

Pelajar pancasila memahami ajaran agama dan kepercayaannya serta menerapkan pemahaman tersebut dalam kehidupannya sehari-hari. Pelajar yang mampu menerapkan nilai-nilai relegius dalam keseharian, menghargai segala ciptaan-Nya.

Ada lima elemen kunci beriman, bertakwa kepada Tuhan Yang Maha Esa, dan berakhlak mulia, yaitu :

  1. Akhlak beragama.
  2. Akhlak pribadi.
  3. Akhlak kepada manusia.
  4. Akhlak kepada alam.
  5. Akhlah bernegara.
  6. Berkebhinekaan global

Pelajar Indonesia memperetahankan budaya luhur, lokalitas, identitasnya, tetap      berpikiran terbuka dalam berintegrasi dengan budaya lain, sehingga menumbuhkan rasa saling menghargai sehingga terbentuknya budaya luhur yang positif dan tidak bertentangan dengan budaya luhur bangsa. Elemen kunci kebhinekaan global meliputi mengenal dan menghargai budaya, memiliki kemampuan komunikasi interkultural dalam berinteraksi dengan sesama, refleksi dan tanggung jawab terhadap pengalaman kebhinekaan.

  • Bergotong royong

Pelajar Indonesia memiliki kemampuan bergotong royong, yaitu melakukan kegiatan secara bersama-sama sehingga kegiatan yang dikerjakan berjalan lancar, mudah, dan ringan.

  • Mandiri

Pelajar Indonesia merupakan pelajar mandiri yang bertanggung jawab atas proses dan hasil belajarnya. Elemen kunci dari mandiri terdiri dari kesadaran akan diri dan situasi yang dihadapi serta regulasi diri.

  • Bernalar kritis

Pelajar yang bernalar kritis mampu secara objektif memproses informasi baik kualitatif maupun kuantitatif, membangun keterkaitan antara berbagai informasi, menganalisis informasi, mengevaluasi dan menyimpulkan. Elemen dari bernalar kritis adalah memperoleh dan memproses informasi, gagasan, mengevaluasi penalaran, merefleksi pemikiran, proses berpikir, dan mengambil keputusan.

  • Kreatif

Pelajar yang kreatif mampu memodifikasi dan menghasilkan sesuatu yang orisinal, bermakna, bermanfaat, dan berdampak. Elemen kunci dari kreatif terdiri dari menghasilkan gagasan yang orisinal serta menghasilkan karya dan tindakan yang orisinal.

Ditulis oleh Intan Lailani, S.Si (Guru Matematika)