News and Blog

Pelatihan Guru-Guru Seni Budaya Suku Dinas Pendidikan Jakarta Selatan Wilayah I dan II

SB
Berita AkademikEvent

Pelatihan Guru-Guru Seni Budaya Suku Dinas Pendidikan Jakarta Selatan Wilayah I dan II

Program Pengabdian Masyarakat SMA dan SMK II (Musik) Perguruan “Cikini” difokuskan untuk Guru-Guru Seni Budaya Suku Dinas Pendidikan Wilayah I dan II Jakarta Selatan Sekolah Menengah Pertama (SMP), Sekolah Menengah Atas (SMA) dan Sekolah Menengah Kejuruan (SMK). Kegiatan dilaksanakan dalam bentuk Pelatihan Seni Musik. Pelatihan diselenggarakan beberapa hari dengan memetakan latar belakang pendidikan guru-guru, pendidikan musik dan non-musik.

Materi pelatihan meliputi Teori Dasar Musik, Dasar-Dasar Aransemen Musik, Penguasaan Software Penulisan Musik, Pendalaman Melodi dan Harmoni serta edit video. Tujuan pelatihan ini adalah meningkatkan kompetensi guru-guru seni budaya khususnya dalam materi musik. Pemberian berbagai materi di atas diharapkan bisa menjadi pengayaan yang bermanfaat dalam pengembangan materi pembelajaran para siswa.

Mengawali rangkaian kegiatan ini, Pada 16 November lalu telah diadakan sesi pertama yang dihadiri oleh 25 (Dua Puluh Lima) Peserta pelatihan dengan latar belakang pendidikan formal bidang music dari Suku Dinas Wilayah II Jakarta Selatan. Acara dibuka oleh Abdur Rachem selaku Kepala Suku Dinas Pendidikan Jakarta Selatan Wilayah II. Sementara Direktur Pendidikan Dasar dan Menengah Yayasan Perguruan “Cikini” (Percik) yang diwakili oleh Wurdono, M.Pd selaku Wakil Direktur Dikdasmen YPC menyampaikan bahwa pelatihan ini merupakan rangkaian kegiatan Pengabdian Masyarakat Percik, dalam hal ini adalah Unit SMA dan SMK II (Musik). Wurdono sekaligus memperkenalkan eksistensi SMK II (Musik) Perguruan “Cikini”, serta berbagai program kerjasama yang mungkin dilakukan dalam waktu kedepan.

Narasumber Sesi I adalah Hari Poerwanto dengan materi Dasar-Dasar Aransemen Musik, Gilang Ramdhanidiansyah membawakan materi Penguasaan Software Penulisan Musik, dan Adi Putra dengan materi Pengembangan Melodi dan Harmoni. Acara juga dihadiri oleh Ainul Wardah selaku Ketua Musyawarah Guru Mata Pelajaran (MGMP) Propinsi DKI Jakarta. Ainul berharap kegiatan ini bisa dilakukan dengan berkelanjutan untuk menambah ilmu, wawasan serta pengalaman guru-guru seni budaya Propinsi DKI Jakarta, khususnya yang bernanung dibawah binaan Suku Dinas Pendidikan Wilayah Jakarta II.

Leave your thought here

Your email address will not be published.